Jelang Tahun Baru Islam Warga dan Babinsa Bersih-bersih Makam


Brebes – Ratusan warga Desa Watujaya Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Jawa Tengah bersih-bersih TPU (Tempat Pemakaman Umum) desa jelang Tahun Baru Islam 1445 H yang akan jatuh pada 19 Juli 2023 mendatang.

Disampaikan Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes melalui babinsa setempat Koptu Supriadi, bahwa apa yang dilakukan warga desa binaannya itu bertujuan untuk kenyamanan para peziarah kubur.

“Rutinitas warga Watujaya setiap hari Jumat adalah bergotong-royong bersih-bersih lingkungan. Bersama perangkat desa, kegiatan kali ini kita arahkan untuk pembersihan pemakaman umum desa,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan itu bisa memotivasi warga bahwa makam tempat bersemayam jasad keluarga dari warga itu sendiri juga perlu dibersihkan agar tidak terkesan angker.

Sementara disampaikan Kepala Desa Watujaya Imron Rosyadi, untuk sasaran pembersihan yaitu area pemakaman di RT. 03 RW. 01 seluas kurang lebih 1,5 ha serta area pemakaman di RT. 03 RW. 02 seluas kurang lebih 1 ha.

Selain membersihkan rumput dan sampah di sekitar lingkungan makam, pekerjaan lainnya yaitu memangkas ranting dan cabang pohon rindang agar TPU menjadi lebih terang.

Bersih-bersih lingkungan desa setiap hari Jumat terus kami lakukan untuk menjaga kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan, mempererat tali silaturahmi, serta menjaga tradisi kearifan lokal yaitu gotong-royong antar warga.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud rasa hormat kami kepada para leluhur desa dan keluarga yang telah berpulang,” tegasnya. (Aan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Serka Ali Mahfur Agar Anak SD Tidak Takut Divaksin Covid-19

Pergantian Tahun Baru 2022, Persit Brebes Stay In The City

Cukur Rambut Gratis, Cara Komsos Kopda Supriadi Selain Bekam